Laman

Rabu, 12 Juni 2013

8 Kiat Menjalani Bisnis


gambar, makarame, souvenir, edutoys, handycraft, handmade, stuffIde bisnis datang seperti angin yang tidak pernah berhenti memberikan kesejukan. Datang silih berganti hingga terkadang kita tak mampu membendungnya dan justru merusak konsentrasi dan titik fokus kita. Oleh karena itu, perencanaan demi perencanaan dalam menjalankan suatu bisnis sangat diperlukan. Baik itu perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Boleh jadi kita menyebutnya sebagai dream book alias sekumpulan tulisan tentang mimpi kita di masa depan. Membubuhkan timeline dan deadline yang jelas, akan membantu kita untuk tetap disiplin. Lantas, bagaimana kiat-kiatnya? Berikut 8 Kiat Menjalani Bisnis :
TIPS 1: Ketika mulai menjalani bisnis, ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan: Marketing, Finance, SDM, Operation, Legal.
 
TIPS 2Bisnis perlu target yang jelas, target ini akan jadi acuan saat menjalani aktivitas bisnis, misalnya target pengembangan produk, target penjualan dan target pengembangan bisnis.
 
TIPS 3: Jangan berhenti untuk menganalisa kebutuhan market dan perubahan pasar, cari tahu keinginan konsumen, tujuannya agar produk kita bisa dterima oleh konsumen.
 
TIPS 4: Tetapkan harga yang bersaing, analisa pesaing di pasaran. Komunikasikan kelebihan kita dibanding pesaing, hal ini akan jadi kekuatan kita memenangi persaingan.
 
TIPS 5: Fokus untuk membangun merek dengan kualitas dan strategi komunikasi pemasaran yg tepat sasaran.
 
TIPS 6: Lakukan pencatatan keuangan bisnis dengan baik, ingat rekening bank jangan dicampur dengan uang pribadi. Kontrol keuangan yang masuk dan yang keluar, keluarkan dana jika perlu saja, jangan boros .
 
TIPS 7: Menjalankan bisnis itu perlu membangun tim. Trainingkan tim kita, delegasikan kerja, sejahterakan. Monitor kinerja bisnis kita secara berkala: kinerja produk, penjualan, karyawan, keuangan  dll.
 
TIPS 8: Jangan cuma nunggu konsumen datang untuk membeli produk kita, lakukan promosi yang konsisten. Promosi ini penting untuk mengenalkan produk ke konsumen dan membuat konsumen membeli produk kita.

Semoga bermanfaat ya, Sobat. Yuk, berbagi ilmu ;)

souvenir, kaktus, mini, cantik, murah, meriah, semarang

 
Published by
Ednovate Strategic Team.

Tidak ada komentar: