Laman

Rabu, 12 Juni 2013

10 Cara Praktis Memulai Bisnis


Seorang pakar kewirausahaan, David McClelland berkata, “Jika 2% saja penduduk suatu negara terlibat aktif dalam kewirausahaan, maka dapat dipastikan bahwa negara tersebut akan sejahtera.” Untuk negara maju, jumlah wirausaha umumnya sudah di atas 5 persen dari penduduknya. Amerika Serikat, misalnya, memiliki wirausaha 11,5 persen dari total penduduknya. Sekitar 7,2 persen warga Singapura adalah pengusaha sehingga negara kecil itu maju.  Sedangkan di Indonesia, baru mencapai 1,5 persen. Namun, hal ini perlu diapresiasi karena perkembangan jumlah wirausaha di Indonesia cukup signifikan dalam 2 tahun terakhir, yaitu meningkat dari 0,24 persen di tahun 2011 menjadi 1,6 persen di tahun 2013. Program wirausaha di Indonesia sangat didukung oleh Pemerintah, salah satunya melalui "Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN)". Kita pun bisa mendukung program pemerintah ini dengan mulai membangun usaha kita sendiri. Bagaimana caranya? Berikut 10 Tips Praktis Memulai Bisnis:
TIPS 1 : JANGAN TAKUT GAGAL. Mental entrepreneur adalah mental ga gampang nyerah ketika awalnya tidak mudah.

TIPS 2 : Mulai dari yang sederhana,  mulai dari yang kita bisa. Yang penting tetapkan waktu kapan segera DIMULAI bisnisnya.



TIPS 3 : Kumpulkan berbagai peluang bisnis (internet, buku, seminar dll) cari info sebanyak-banyaknya, bergaul dengan banyak orang, bangun networking.   

TIPS 4 : Buatlah LIST BISNIS yang sudah terkumpul tadi,analisa mana yang memungkinkan untuk dijalankan dan mana yang punya potensi jadi bisnis MILYARAN

TIPS 5 : Dari list binis tentukan satu. Ingattt, FOKUS ke satu bisnis dulu sebelum membangun bisnis lain. Pastikan satu bisnis ini sudah sukses terlebih dulu sebelum pindah ke bisnis lain.

TIPS 6 : Cari tahu potensi pasar, simpelnya siapa yang nantinya akan membeli produk kita. Tentukan segmen pasar – misal atas, menengah, bawah atau kalangan siswa atau kantoran. Segmen beda, strategi jualan juga beda

TIPS 7 : Jangan terbentur dengan modal, modal kecil juga bisa, atau bisa cari partner bisnis bahkan modal dengkul alias pertama-tama jadi reseller dulu. Sembari dapat uang dari hasil reseller, kumpulkan modal.

TIPS 8 : Ketika bisnis udah jalan dan perlahan makin banyak duit yang masuk, pastikan kita punya rekening khusus bisnis. JANGAN PERNAH gabungkan rekening pribadi dan rekening bisnis.

TIPS 9 : Lakukan promosi yang terjangkau tapi powerful dgn dengan social media, direct marketing (BBM, email, sms, phone), internet marketing. Pelajari promosi efektif.

TIPS 10 : Kembangkan bisnisnya, terus lakukan perbaikan produk dan layanan. Kembangkan SDM, training karyawan, FOKUS perbesar omzet & profit.


Gambar, souvenir, kaktus, murah, meriah, sekulen, kemasan, goni, mika, kotak


Published by Ednovate

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh optimis, tapi harus realistis